Alasan Beli Mobil TOYOTA, Brand Otomotif Terlaris di Dunia : Kendaraan Berkualitas, Nilai jual kembali yang tinggi, Suku cadang selalu tersedia, Fitur keselamatan Mobil Toyota, Upaya Toyota untuk ramah lingkungan Pelayanan service 24 jam dan Service Kunjungan ke rumah Assuransi dengan Bengkel Authorized Toyota
Menu
Model
Beranda » Rush » Tips Memelihara Transmisi Otomatis Agar Tetap Halus dan Awet

Tips Memelihara Transmisi Otomatis Agar Tetap Halus dan Awet

Dipublish pada 16 July 2016 | Dilihat sebanyak 54 kali | Kategori: Rush

Tips Memelihara Transmisi Otomatis Agar Tetap Halus dan Awet

Bali-toyota.com, Denpasar Meskipun sudah dikenal luas di masyarakat, namun masih banyak konsumen yang masih bingung dan takut tentang perawatan mobil bertransmisi otomatis.

Mobil bertransmisi otomatis makin laris manis di pasaran. Kinerjanya semakin efisien dan praktis. Dan kini mobil matik menjadi solusi pas untuk menghadapi kemacetan, terutama di kota-kota besar.

Tak hanya kaum hawa yang semakin banyak memilih mobil tipe ini, kaum Adam pun makin tertarik. Ya, dengan tranmisi otomatis kaki dan lutut tidak akan cepat lelah karena tak ada lagi pedal kopling.

Tak hanya ditemukan di mobil sedan dan hatchback, transmisi matic menjadi varian di berbagai kelas mobil. Termasuk kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), salah satunya Toyota Grand New Avanza. Ada dua tipe Grand New Avanza bertransmisi matik yang bisa Anda pilih, tipe 1.3 E dan 1.3 G.

Meskipun mobil matik sudah menjamur, kenyataannya masih ada konsumen yang bingung dan takut dalam perawatan mobil bertransmisi otomatis. Berikut ini tips sederhana untuk merawat mobil matik supaya tetap halus dan awet:

  1. Memeriksa Kondisi Oli Transmisi Otomatis

Sebelum melakukan pemeriksaan, pastikan mobil berada di area bidang yang rata. Sehingga Anda bisa mengetahui volume oli dengan tepat. Anda bisa melihat kondisi oli transmisi dari dipstick.

Penggantian bisa dilakukan jika oli berubah warna menjadi kehitaman. Jika Anda melihat warna cokelat susu, ada kemungkinan oli bercampur dengan air. Segera ganti untuk mencegah karat dan kerusakan komponen lainnya.

Jika Anda menemukannya di bawah garis oli rendah, itu berarti ada kebocoran dan harus segera ditanggulangi.

  1. Mengganti Oli Tranmisi Otomatis

Penggantian oli secara umum dihitung dari durasi atau waktu lamanya pemakaian. Idealnya oli transmisi diganti tiap 50 ribu kilometer. Namun, jika pengguna mobil memiliki mobilitas tinggi atau sering melewati wilayah stop and go alias macet, sebaiknya jadwal penggantian dilakukan lebih cepat. Gantilah oli transmisi secara rutin sesuai rekomendasi pabrikan mobil dan gunakan oli transmisi yang sesuai.

  1. Posisikan Transmisi Secara Tepat

Biasakan untuk memposisikan tuas tranmisi ke posisi netral (N) saat mobil Anda berhenti. Contohnya saat terjebak kemacetan maupun di lampu merah.

Jika Anda sering membiarkan tuas di posisi Drive (D) sama saja dengan membiarkan kanvas kopling terus bergesekan. Kanvas yang cepat aus akan membuat kinerja tranmisi otomatis tidak optimal.

  1. Hindari Tancap Gas Tiba-tiba

Jangan langsung menginjak pedal gas dalam-dalam saat akan mulai berjalan karena dapat mengganggu kualitas katup solenoid.

Sistem di perangkat transmisi mobil matic membutuhkan beberapa detik untuk menghasilkan tekanan dari oli ke konverter torsi. Jika proses itu belum selesai dan terlanjur ada tekanan besar, akibatnya dapat membuat katup solenoid rusak.

  1. Hindari Kebiasaan Melakukan ‘Setengah Kopling’

Kondisi yang dimaksud adalah memanfaatkan kerja transmisi untuk menggantikan rem saat mobil berada di tanjakan dalam kondisi macet. Sistem transmisi ‘dipaksa’ menahan mobil supaya tidak merosot mundur.

Situasi ini seperti tak memindahkan posisi tuas dari D ke N saat berhenti di depan lampu merah atau saat kemacetan.

Selamat mencoba dan rawatlah mobil Anda sebaik mungkin untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan selama dalam perjalanan.

Bagikan informasi tentang Tips Memelihara Transmisi Otomatis Agar Tetap Halus dan Awet kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
http://www.bali-toyota.com/

Toyota Jadi Brand Mobil Paling Pengaruh di Dunia

Dipublish pada 21 June 2016 | Dilihat sebanyak 100 kali | Kategori: Agya, Alphard, Avanza, Camry, Corolla Altis, Dyna, Etios, Fortuner, Hiace, Hilux, Innova, Land Cruiser, Nav1, Rush, Sienta, Toyota FT 86, Veloz, Vios, Yaris

Toyota Jadi Brand Mobil Paling Pengaruh di Dunia TOYOTA Denpasar Bali– Majalah Forbes setiap tahunnya menerbitkan daftar merek paling berharga di dunia (most valuable brands). Lima teratas ditempati merek nonautomotif yang sudah sangat dikenal, yakni Apple, Google, Microsoft, Coca-Cola, dan Facebook.... selengkapnya

http://www.bali-toyota.com/

Toyota, Tarif Taksi Online Diatur Pemerintah

Dipublish pada 22 March 2017 | Dilihat sebanyak 49 kali | Kategori: Avanza, Calya

TOYOTA DENPASAR, Tarif taksi online mulai 1 April 2017 akan diberlakukan dengan sistem tarif batas atas dan bawah. Besaran tarif ini diserahkan sepenuhnya kepada Gubernur sesuai domisili perusahaan dan Kepala BPTJ selengkapnya

http://www.bali-toyota.com/

Nasib Mobil LMPV Kini Jadi Taksi

Dipublish pada 20 December 2016 | Dilihat sebanyak 79 kali | Kategori: Avanza, Calya

Nasib Mobil LMPV Kini Jadi Taksi TOYOTA LMPV BALI, Mobil 7 penumpang yang biasanya dijual ke segmen perorangan kini bertransformasi jadi taksi. Pasar kian ketat, bila sebelumnya hanya Honda dengan Mobilio, kini giliran Toyota yang ikut bermain di sana. selengkapnya

http://www.bali-toyota.com

Kijang, Sienta dan Veloz Rintangi Indonesia Timur

Dipublish pada 4 May 2018 | Dilihat sebanyak 50 kali | Kategori: Avanza, Innova, Sienta

TOYOTA DENPASAR BALI, Tiga komunitas Toyota Owner Club (TOC), yaitu Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), Veloz Community (Velozity), dan Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca) sukses melakukan perjalanan 8 ribu km. Perjalanan panjang ini, menjelajahi Indonesia-Timor Leste, bertajuk Beyond Beautiful Indonesia.... selengkapnya

ALAMAT DEALER

AGUNG TOYOTA DENPASAR
Jl. Cokroaminoto No.47, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80116
Rek BCA: 435-018-666-8