'Om Swastiastu' TOYOTA Terbukti, Handal Dan Nyaman Untuk Keluarga SEJAK 1970-an | Dirgantara Sales Rekomendasi untuk Mobil Idaman Anda | TL:081339654288, XL:081999568203, BBM:D70D66DA. Pengalaman Pertama dibalik kemudi New Agya | DEALER TOYOTA BALI - PROMO - DEALER TOYOTA DENPASAR 2017
PT. AGUNG AUTOMALL

Jalan HOS Cokroaminoto No.47, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80116

Menu

Pengalaman Pertama dibalik kemudi New Agya

Thursday, May 11th 2017.
Toyota Bali

DENPASAR, PT Toyota Astra Motor (TAM) Maret 2017 lalu meluncurkan mobil LCGC (Low Cost Green Car) Agya-nya, dengan beberapa perubahan di bagian eksterior, interior, dan juga mesin. Mobil mungil tersebut pun diklaim sudah naik.kelas dan berbeda dengan mobil LCGC lain.

Toyota pun mengajak detikOto untuk merasakan pengalaman singkat berada dibalik kemudi New Agya. Mobil yang disediakan pun hanya ada 5 mobil, bertransmisi manual dan otomatis tipe G 1.2 L dan 1 unit TRD.

Karena ini bukan merupakan tes drive dan hanya berupa first drive, maka rute yang dipilih cukup dekat yakni di sekitaran Ancol. Berikut rangkuman kencan singkat detikOto dengan kembaran Daihatsu Ayla tersebut.

Untuk versi TRD S, grille depan dan grille belakang mengalami ubahan. Juga desain lampu depan yang lebih runcing dari model yang ada saat ini. Desain lampu kabut dan lampu belakang juga berbeda dan terdapat sentuhan baru.

Spoiler belakan juga tampak lebih tipis dan memanjang dari model sebelumnya. Bemper belakang juga terkesan lebih sporty.

Eksterior Agya ini mengadopsi dari gerakan orang membungkuk atau gerakan menukik seseorang. Gerakan tersebut menggambarkan kelincahan meski dalam posisi diam sekalipun.

“Gerakan menukik itu menggambarkan suatu kelincahan, jadinya dia itu pengin mobil mungil itu terlihat lincah, walaupun diam itu terlihat ada movement lah ada pergerakan gitu diterapkan di otomotif,” ungkap Officer Styling Design Section C&A Planning and Design Development Division TAM, Prana Jiwandhana.

Bagian interior pun mendapat beberapa sentuhan ubahan mulai dari bangku semi-bucket agar pengemudi dan penumpang depan mendapat pengalaman berkendara yang berbeda. Memang kursi semi-bucket ini cukup nyaman bagi pengendara ataupun penumpang karena saat duduk saat empuk dan seperti dipeluk.

Door trim juga tampil lebih menarik dibandingkan dengan desain datar pada generasi sebelumnya. Sistem hiburan audio juga diperbaharui dengan desain dan fitur yang lebih canggih antara lain Bluetooth Call pada versi 1.2 L. Namun berbeda dengan kembarannya, sistem audio di Agya belum mengusung fitur layar sentuh. Masih dengan manual yaitu ditekan dan diputar misalnya.

Hal itu kata Product Knowledge TAM, Tomy Hermansyah karena konsumen di segmen Agya cukup dengan Bluetooth tak perlu dengan layar sentuh.

“Jadi dia tuh sebenernya kalau disini tuh masih fungsional kalau buat audio jadi yang penting tuh radio masih oke, tambahin Bluetooth, aux udah oke daripada touchscreen. Kalau touch screen di Yaris misalnya itu kan ada navigasi, mirroring itu baru kepake, tapi kan speknya terlalu tinggi,” jelas Tomy.

Rute yang cukup dekat detikOto tak terlalu maksimal merasakan performa dari Agya baru ini. Namun yang paling terasa jelas adalah kabin yang kedap saat pertama kali masuk ke mobil. Untuk mesin terdapat pilihan mesin 1.000 cc dan 1.200 cc. Pada mesin 1.000 cc disematkan teknologi VVT-i dengan ECU, sementara mesin 1.200 cc hadir dengan teknologi Dual VVT-i yang serupa dengan Calya.

Setir cukup enteng untuk dikendarai di jalanan perkotaan terlebih versi manualnya. Kedua mesinnya cukup responsif saat digeber.

Memang mesin tersebut masing-masing mampu menghasilkan tenaga maksimum 67 PS pada rpm 6.000 dan torsi 89 Nm pada rpm 4.400. Sementara mesin 1.2 L mampu menghasilkan tenaga 88 PS di rpm 6.000 dan juga torsi maksimum 108 Nm di rpm 4.200.

Agya baru dilengkapi fitur keamanan yang cukup lengkap dan juga telah mendapatkan 4 bintang dari ASEAN NCAP. Keseluruhan fitur keamanan tersebut dipenuhi sesuai dengan permintaan konsumen akan New Agya.

Ada beberapa fitur keselamatan lain yang diesematkan, yaitu Dual SRS Airbag, 3-point seatbelt, head rest untuk seluruh penumpang, driver seatbelt warning sign, Isofix, dan Power door lock di semua tipe.

Sementara fitur ABS hanya ada pada varian 1.2 TRD S. Alarm with immobilizer dan wireless door lock terdapat di semua varian kecuali 1.0 L tipe E.

“Safety juga udah jadi pertimbangan mereka (konsumen Agya) jadi mobil ini true five seater jadi nggak two point seatbelt nih, udah ABS, immobilizer diminta karena banyak mobil hilang jadi maling nggak bisa langsung harus matching lebih aman dengan immobilizer jadi safety Agya benar-benar diperhatiin,” ungkap Tomy.

Mobil Terbaru

Limited
Best Seller
Best Seller

Related Article Pengalaman Pertama dibalik kemudi New Agya

Merek Mobil Paling Terlaris di Dunia TOYOTA-bali.com – Apa yang dilakukan Volkswagen (VW) memang tidak bisa dimaafkan. Tahun lalu, mereka ketahuan memanipulasi beberapa mobil diesel agar…

Saturday 8 April 2017 | Agya

Toyota Agya 1.2 CC Mulai di Pasarkan AGYA DENPASAR-BALI, Toyota Astra Motor (TAM) turut meluncurkan Low Cost Green Car (LCGC) Toyota Agya versi terbaru. Sama…

Thursday 11 August 2016 | Agya

Nyaman Mana Daihatsu Ayla dan Toyota Agya TOYOTA BALI – Low cost green car (LCGC) jadi angin segar bagi mereka yang ingin memiliki mobil dengan harga…